fbpx
Oktober 20, 2021

Menjaga Mangrove, Menjaga Iklim

EcoNusa Foundation dan Penjaga Laut mengadakan webinar berjudul “Jaga Ekosistem, Jaga Iklim: Mangrove” sebagai rangkaian kegiatan Aksi Muda Jaga Iklim yang bertujuan untuk mengajak anak-anak muda […]
Oktober 19, 2021

[WEBINAR] Jaga Ekosistem, Jaga Iklim: Pengelolaan Sumber Daya Alam Papua oleh Masyarakat Adat

Hai hai Penjaga Laut! Kita “jalan-jalan” virtual ke Papua lewat webinar #AksiMudaJagaIklimx MACE (Mark Cerita Papua), yuk! Webinar kali ini akan membahas tentang pengelolaan SDA Papua […]
Oktober 16, 2021

Kenapa Sih Anak Muda Harus Menjaga Iklim?

Penjaga Laut, sudah tahu dong, kalau akan ada acara Aksi Muda Jaga Iklim yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober ini? Yakin deh, pasti banyak banget yang […]
Oktober 15, 2021

Antara Teluk Jakarta dan Paracetamol

Penjaga Laut, kalian tau nggak sih kalau Teluk Jakarta sekarang sedang tercemar limbah medis, salah satunya paracetamol? Yap, paracetamol sedang membanjiri Teluk Jakarta, nih. Lho, kok […]
Oktober 14, 2021

Eh, Ada Kura-Kura, Penyu, dan Bolus!

Penjaga Laut, kamu tahu nggak sih kalau di Indonesia pernah ada beberapa kasus kura-kura yang terdampar atau mati di pinggir pantai? Tentu sedih sekali mendengarnya dan […]
Oktober 12, 2021

Hemat Listrik dari Rumah Untuk Menjaga Iklim

Penjaga Laut, siapa nih di antara kalian yang sudah mulai berinisiatif untuk menghemat energi guna menjaga iklim? Hemat energi yang dimaksud di sini bukan berarti rebahan […]
Oktober 11, 2021

[WEBINAR] Jaga Ekosistem, Jaga Iklim: Mangrove #AksiMudaJagaIklim

Halo Penjaga Laut! Bakalan ada pembahasan menarik seputar mangrove yang ada kaitannya banget sama iklim nih. Yuk saksikan seri webinar pertama Aksi Muda Jaga Iklim dengan […]
Oktober 9, 2021

Aksi Muda Jaga Iklim – Coming Soon!

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang jugaa! Siap-siap ya, #AksiMudaJagaIklim akan hadir! Penasaran acaranya apa aja? 3 Aksi yakni Aksi Virtual, Aksi Kolaborasi & Aksi Festival IklimVirtual akan digelar sepanjang […]
Oktober 8, 2021

Mengunjungi Desa Pesisir Tadangpalie

Penjaga Laut, tentu kamu sudah tahu kalau di Indonesia ada banyak desa pesisir, kan? Hari ini, mari menjelajah ke salah satu desa pesisir di sebelah timur […]
Oktober 7, 2021

Pembatasan Penangkapan Ikan, Baik Untuk Semua?

Penjaga Laut, kalian sudah dengar kabar terbaru tentang pembatasan penangkapan ikan, belum? Wah, bagus dong ya kalau ada pembatasan penangkapan ikan? Tapi… apa benar jadinya baik […]
Oktober 1, 2021

Cerita Sedekah Laut Dari Penjuru Indonesia

Penjaga Laut, ada satu hal lagi nih yang menarik dari laut Indonesia. Selain kekayaan dan potensi melimpah lautnya, kamu tau nggak sih kalau di Indonesia ini […]
Oktober 1, 2021

Sejuta Potensi Natuna

Penjaga Laut, dari sekian banyak laut di Indonesia, mungkin akhir-akhir ini kabar tentang Laut Natuna adalah yang paling sering kamu dengar, ya. Laut Natuna adalah wilayah […]
September 25, 2021

Tidak Usah Pakai Alat Makan Sekali Pakai

Penjaga Laut, siapa di sini yang pernah dapat alat makan sekali pakai atau bahkan menggunakan alat makan sekali pakai? Biasanya sih alat makan ini ada di […]
September 23, 2021

Menjaga Laut Melalui Tradisi di Papua

Penjaga Laut, beberapa waktu lalu, kita sudah melihat Festival Nelayan di Kampung Nelayan Tomalou, kan? Melalui festival tersebut, masyarakat di Tomalou ingin merayakan keberadaan laut dan […]
September 22, 2021

Yang Unik dan Menarik dari Lumba-Lumba

Penjaga Laut, siapa yang kemarin sudah mendengar kabar tentang lumba-lumba yang terdampar di beberapa wilayah di Indonesia? Sudah terjadi beberapa kali, ya. Salah satunya bahkan dibawa […]
September 18, 2021

Menjadi Muda dan Peduli Lingkungan

Penjaga Laut, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh anak muda untuk turut berkontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Beberapa bahkan tidak hanya melakukan hal kecil […]
September 17, 2021

Keberlangsungan Hidup Komodo dan Perubahan Iklim: Punah atau Bertahan?

Penjaga Laut, siapa di sini yang pernah melihat komodo atau berkunjung ke Pulau Komodo? Komodo, yang merupakan salah satu kadal purba yang masih bertahan hidup hingga […]
September 16, 2021

Ada Hiu Apa Saja di Indonesia?

Penjaga Laut, kalian sudah dengar belum kalau beberapa hari lalu ada Hiu Mulut Besar (Megamouth Shark) yang terdampar di Flores? Wah, memangnya ada Hiu Mulut Besar […]
September 15, 2021

Masih Ada Pencemaran Laut di Sekitar Kita

Penjaga Laut, ada kabar yang cukup menyedihkan nih. Populasi Ikan Belida, salah satu bahan baku Pempek, mulai terancam karena kondisi rawa di Sumatera Selatan mengalami penurunan. […]
September 11, 2021

Melihat Festival Kampung Nelayan Tomalou

Penjaga Laut, apakah di daerah tempat tinggalmu ada acara perayaan laut atau acara untuk menjaga dan melestarikan laut? Di beberapa wilayah Indonesia, ada festival-festival laut yang […]
September 10, 2021

Energi Fosil Harus Segera Diganti!

Penjaga Laut, dari sekian banyak jenis energi yang bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan suatu masyarakat, kalian tau nggak sih energi apa yang saat ini masih digunakan oleh […]
September 9, 2021

Aksi Muda Jaga Iklim Sebentar lagi!

Wahai penjaga laut! Ada kabar gembira bahwa Aksi Muda Jaga Iklim akan segera hadir di bulan Oktober! Ini adalah hajatan besar buat kita semua untuk memberikan […]
September 8, 2021

Pulau di Indonesia Ada Berapa? 17 Ribu!

Penjaga Laut, coba tebak kira-kira ada berapa pulau di Indonesia? Ada 17 ribu pulau di Indonesia, lho! Banyak banget, ya. Pulau-pulau ini tentu saja tersebar dari […]
September 4, 2021

Belajar Menangani Sampah Plastik di Laut

Halo Penjaga Laut! Masih inget dong tentang permasalahan sampah plastik di laut yang ternyata makin parah ini? Iya, isu sampah plastik di laut ini lebih rumit […]
September 3, 2021

Mengenal Masyarakat Pesisir Lebih Dekat

Penjaga Laut, di mana saja wilayah tempat kalian tinggal? Apakah di dataran tinggi? Di dekat pegunungan? Atau di kota-kota besar? Selain tempat-tempat yang sudah disebutkan sebelumnya, […]
September 2, 2021

Apa Yang Bisa Mengancam Mamalia Laut?

Penjaga Laut, tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan mamalia laut kan? Yap! Mamalia laut adalah mamalia yang bergantung pada ekosistem laut untuk hidup. Contoh-contoh mamalia […]
Agustus 29, 2021

Diving dan Menjaga Laut? Kenapa Tidak?

Penjaga Laut, ada yang suka menyelam atau diving nggak di sini? Sejak pandemi, kegiatan diving pasti jadi lebih terbatas ya. Kangen deh pasti. Nah, selama diving, […]
Agustus 27, 2021

Indonesia Punya Banyak Mutiara

Penjaga Laut, pernah dengar tentang mutiara kan? Selain banyak digunakan sebagai nama anak perempuan (termasuk nama anaknya Mr. Krab hehehehe), mutiara merupakan salah satu hasil laut […]
Agustus 26, 2021

Kenapa Benur Sering Diselundupkan?

Penjaga Laut, tahukah kamu bahwa ada 52 kasus penyelundupan benur yang berhasil digagalkan pemerintah sepanjang tahun 2021 ini? Pemerintah berkomitmen untuk terus menindak kasus penyelundupan benur […]
Agustus 22, 2021

Cerita dari Jambore dan Konsolidasi Nasional Penjaga Laut – Day 2!

Halo Penjaga Laut! Setelah kemarin membaca artikel tentang hari pertama Jambore dan Konsolidasi Nasional Penjaga Laut, sekarang saatnya kita lanjut ke hari kedua! Apa aja ya, […]
Agustus 21, 2021

Cerita dari Jambore dan Konsolidasi Nasional Penjaga Laut – Day 1!

Halo Penjaga Laut! Masih ingat nggak, tanggal 9 dan 10 Agustus yang lalu ada apa? Yup, betul banget, ada Jambore dan Konsolidasi Nasional Penjaga Laut! Acara […]
Agustus 19, 2021

Selangkah Menuju Budi Daya Udang

Penjaga laut, sudah dengar kabar terbaru dari dunia udang belum? Nah, infonya pemerintah akan membangun budi daya udang di Kebumen, lho. KKP akan menggandeng pemerintah Kabupaten […]
Agustus 18, 2021

Akhirnya Indonesia Bebas Cantrang Lagi!

Penjaga laut, ada kabar baik nih! Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah resmi melarang penggunaan cantrang untuk penangkapan ikan di wilayah Indonesia. Ketetapan […]
Agustus 14, 2021

Nelayan Bertahan di Tengah Pandemi

Penjaga laut, pandemi COVID-19 sudah berlangsung selama hampir 2 tahun. Beberapa dari kita mungkin beruntung karena bisa berkesempatan untuk bekerja dari rumah dan memiliki kapasitas untuk […]
Agustus 13, 2021

Serba-Serbi Ekspor Perikanan di Indonesia

Penjaga laut, kalian tau nggak sih kalau sektor perikanan Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan ekspor? Ekspor perikanan kita sudah cukup luas dan sudah menghasilkan benefit yang cukup […]
Agustus 12, 2021

Akankah Jakarta Tenggelam Beberapa Tahun Lagi?

Penjaga laut, mungkin kalian pernah mendengar pernyataan yang cukup mengejutkan dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengenai Jakarta. Yap, menurut Joe Biden, Jakarta akan tenggelam 10 […]
Agustus 9, 2021

Hiu Berjalan Kaimana; Perlukah Dilindungi?

Sebagai salah satu negara yang termasuk dalam Kawasan Segitiga Terumbu Karang atau the Coral Triangle, tak heran jika Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terumbu karang yang kaya. […]
Agustus 6, 2021

Ada Lumbung Ikan Nasional di Maluku

Ayo absen siapa yang suka makan ikan? Kalau mimin sih paling tidak seminggu tiga kali. Selain menyehatkan, rasanya duh bikin ngangenin, apalagi makin banyak resep olahan […]
Agustus 5, 2021

Jangan Lagi Konsumsi Sirip Hiu!

Penjaga laut, kalau kamu pernah mengkonsumsi sirip ikan hiu, lebih baik kita sudahi saja hubungan ini! Karena yang kamu lakukan itu jahat!. Perlu kamu tahu, kalau […]
Agustus 4, 2021

Jambore dan Konsolidasi Nasional Penjaga Laut – REGISTRATION

Hai para Penjaga Laut! Yuk kita bertemu lagi di Jambore & Konsolidasi Nasional Penjaga Laut 2021.Di acara ini, kamu bisa saling belajar mengenai gaya hidup peduli […]
Agustus 4, 2021

Tol Laut: Harapan, Manfaat, dan Dampak.

Penjaga laut, masih ingat kan artikel tentang tol laut yang tayang beberapa waktu lalu? Setelah membaca dan berkenalan lebih jauh dengan tol laut, sekarang dengarkan cerita […]
Agustus 3, 2021

Multistakeholder Collaboration to Sustain Mangrove Ecosystems

New hopes for mangrove sustainability in Indonesia have been firmly planted since the end of 2020. On December 2020, with the issuance of Presidential Regulation Number […]
Agustus 2, 2021

Kolaborasi Multipihak Lestarikan Ekosistem Mangrove

Harapan baru bagi keberlanjutan mangrove Indonesia kian tertanam sejak penghujung tahun 2020. Pasalnya, pada 22 Desember 2020, melalui Perpres Nomor 120/2020, Pemerintah Indonesia menetapkan pembentukan Badan […]
Juli 31, 2021

Halo, Para Ikan Yang Dilindungi!

Penjaga laut, siapa disini yang suka ikan? Atau mungkin ada yang memelihara ikan di rumah? Memelihara ikan memang bisa membantu kita untuk merasa lebih rileks ya. […]
Juli 31, 2021

Indonesia’s Journey in Optimizing Mangrove for Blue Carbon

With just 9 years to go, Indonesia’s effort to meet its climate mitigation target will be concluded. As stipulated in the Nationally Determined Contribution (NDC), by […]
Juli 29, 2021

Limbah Rumput Laut Itu Bisa Diolah!

Penjaga laut, tentu sudah nggak asing lagi dengan rumput laut kan? Komoditas laut yang satu ini selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga bisa ditemukan dimanapun, […]
Juli 28, 2021

Perjalanan Indonesia Mengoptimalkan Peran Mangrove untuk Karbon Biru

Sembilan tahun jelang 2030. Waktu yang cukup singkat bagi Indonesia untuk bisa memenuhi target penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Sebagaimana yang tertuang dalam Nationally Determined […]
Juli 24, 2021
Jalan Tol atas Laut

Berkenalan dengan Tol Laut

Penjaga laut, apakah kalian pernah mendengar tentang tol laut? Wah, itu jalan tol yang melintas di atas laut bukan sih? Jadi kita naik mobil tapi di […]
Juli 22, 2021

Ayo Bebas Plastik!

Penjaga Laut, coba deh kalian ingat-ingat lagi, selama di rumah aja saat pandemi, sudah berapa kali sih, kamu pesan makanan melalui aplikasi online dan datang dengan […]
id_IDIndonesian