fbpx

Cerita Penjaga


Temukan cerita dan informasi terkini tentang laut Indonesia

Mei 19, 2022

Greenwashing: Antara Keinginan dan Kenyataan

Halo Penjaga Laut! Kalian pernah nggak sih, tertarik membeli produk dari perusahaan besar yang diklaim ramah lingkungan? Misalnya produk-produk yang menggunakan biodegradable plastic atau produk-produk dengan […]
Mei 18, 2022

Ikan Kakatua, Penjaga Laut Biru Kita

Penjaga Laut, di mana kalian biasanya melihat burung kakatua? Kalau katanya lagu anak-anak waktu kita kecil dulu sih mereka suka hinggap di jendela, ya. Tentu ini […]
Mei 17, 2022

Nelayan Indonesia Ada di Garis Kemiskinan

Penjaga Laut, pernahkah kalian berada di situasi yang ternyata berbeda dari yang kalian bayangkan sebelumnya? Misalnya nih, kalian sedang ujian. Kelihatannya soal-soal yang kalian hadapi ini […]
Mei 11, 2022

[Webinar Registration] ACT Conference

Halo Penjaga Laut! Untuk kalian semua yang mau mengisi hari Minggu dengan kegiatan yang bermanfaat, yuk ikutan ACT Conference! Kami akan hadir di sana juga. Yuk […]
Mei 11, 2022

Meningkatkan Daya Saing Nelayan Kita

Penjaga Laut, ingat nggak sih, waktu sekolah dulu hidup kita ini penuh persaingan ya. Entah bersaing untuk mendapatkan peringkat pertama di kelas, persaingan di lomba akademis […]
Mei 10, 2022

Suku Bajo, Pengarung Lautan dari Indonesia

Penjaga Laut, siapa yang sudah sering dengar tentang Suku Bajo? Iya, yang jago banget berenang itu, lho. Nah, selain jago berenang, apa lagi yang kalian tahu […]
Mei 9, 2022

Pesona Mutiara Laut Selatan Indonesia

Penjaga Laut, sudah tahu kan ya kalau Indonesia ini ternyata punya banyak sekali mutiara? Iya, selain teman-teman sekelas kalian yang mungkin namanya Mutiara, Indonesia memang rumahnya […]
Mei 6, 2022

Kilas Balik Sail to Campus Universitas Airlangga (Bagian 2)

Penjaga Laut, sudah baca cerita keseruan Sail to Campus Universitas Airlangga bagian 1? Nah, sesuai janji, nih! Sekarang kita lanjut ke bagian dua, ya. Tenang aja, […]
Mei 5, 2022

Kilas Balik Sail to Campus Universitas Airlangga (Bagian 1)

Halo Penjaga Laut! Pada tanggal 7 April lalu, EcoNusa Foundation bersama dengan Universitas Airlangga (Unair) mengadakan acara bertajuk Sail to Campus: Mendobrak Ekonomi Biru Melalui Inovasi […]
April 30, 2022

Ikan Pari, si Tenang Bersahabat

Penjaga Laut, siapa di sini yang sudah pernah ketemu ikan pari? Beberapa dari kita mungkin “kenal” ikan pari pertama kali ketika nonton film Finding Nemo 19 […]
April 29, 2022

Ayo Memanfaatkan Ruang Laut Sebaik-baiknya!

Penjaga Laut, kita tentu sudah tidak asing lagi dengan pemanfaatan ruang di sekitar kita, ya. Misalnya lahan kosong yang dimanfaatkan sebagai lapangan untuk anak-anak bermain bola […]
April 28, 2022

Mau Main ke Kampung Nelayan?

Penjaga Laut, selama ini kita sudah sering mendengarkan cerita tentang nelayan, kan? Nelayan ini memang luar biasa sekali ya perannya untuk dunia perikanan di Indonesia. Nah, […]
April 23, 2022

Apakah Overfishing Berbahaya? Tentu Saja!

Penjaga Laut, sudah pernah dengar istilah overfishing? Iya betul, overfishing adalah proses pengambilan stok ikan secara berlebihan, terlalu banyak sampai pada tahap sebagian besar potensi makanan […]
April 22, 2022

Makan Ikan untuk Puasa yang Lebih Kuat!

Halo halo Penjaga Laut! Nggak terasa ya, saat ini kita sudah memasuki minggu ketiga bulan suci Ramadan. Bagaimana nih ibadah Ramadan kalian semua sejauh ini? Semoga […]
April 21, 2022

Ada Nelayan Apa Saja, ya?

Penjaga Laut, pasti sudah sering mendengar tentang nelayan, kan? Nelayan ini besar sekali jasanya dalam pemenuhan kebutuhan konsumsi ikan kita sehari-hari. Tapi kamu tahu nggak sih, […]
April 16, 2022

Minyak Hitam Terus Mengganggu Bintan

Penjaga Laut, tentu sudah tidak asing lagi dengan Kepulauan Bintan, kan? Kepulauan yang terletak di Riau ini memiliki beberapa destinasi menarik yang layak untuk dikunjungi, misalnya […]
April 15, 2022

Menyelami Laut Arafura

Penjaga Laut, seperti yang kita tahu, wilayah laut di Indonesia ini luas sekali. Ada banyak sekali laut di berbagai wilayah Indonesia. Salah satunya adalah Laut Arafura. […]
April 14, 2022

Wah, Ada Jaring Tarik Berkantong!

Penjaga Laut, ada beberapa alat tangkap ikan yang sudah sering kita dengar sebelumnya. Misalnya alat pancing sederhana yang banyak digunakan bapak-bapak untuk memancing di tempat pemancingan […]
April 11, 2022

Aksi Muda Jaga Iklim Ambon, Desa Poka

Halo Penjaga Laut! Masih ingat nggak, tahun lalu kit bersama-sama melakukan kegiatan Aksi Muda Jaga Iklim di berbagai wilayah di Indonesia. Titik utamanya ada 3, yaitu […]
April 10, 2022

Melihat Laut Dari Mata Burung Laut

Penjaga Laut, kita sudah beberapa kali membahas tentang biota laut yang ada di dalam laut sana, ya. Misalnya terumbu karang, hiu, paus, dan rumput laut. Sekarang, […]
April 9, 2022

Sail to Campus Universitas Airlangga

Halo Penjaga Laut! Tanggal 7 April lalu, Penjaga Laut main ke Universitas Airlangga untuk berbagi dengan teman-teman di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga dalam acara […]
April 9, 2022

Dalamnya Palung Laut Indonesia

Kalau mendengar kata palung laut, pasti para Penjaga Laut langsung terpikir akan Palung Mariana di Samudera Pasifik sana. Nggak heran sih, palung yang satu ini memang […]
April 8, 2022

Laut Sehat, Bumi Bahagia, Kita Senang

Penjaga Laut, setiap hari kita diingatkan untuk terus menjaga kesehatan diri kita sendiri, terutama di masa-masa pandemi yang nggak menentu ini. Tapi kalian tahu nggak sih, […]
April 3, 2022

Melihat Kota-Kota Pesisir di Indonesia

Penjaga Laut, apakah kalian sudah pernah berkunjung ke kota-kota pesisir di Indonesia? Atau mungkin beberapa di antara kalian memang tinggal di sana? Nah, untuk yang belum […]
April 3, 2022

Beach Clean Up Day Bersama Podomoro University

Hai Penjaga Laut! Pada tanggal 18 Maret 2022 lalu, kita mengadakan kegiatan Beach Clean Up Day bersama teman-teman dari Podomoro University! Kegiatan ini dilaksanakan di Pantai […]
April 2, 2022

Hai, Hiu Belimbing!

Kita tentu sudah sering melihat hiu, baik melalui buku-buku pelajaran, film dokumenter, atau secara tidak sengaja bertemu ketika sedang diving atau snorkeling. Nggak cuma itu, Indonesia […]
April 1, 2022

Kesehatan Laut adalah Prioritas Indonesia

Penjaga Laut, sudah dengar kan kabar tentang presidensi Indonesia di G20? Indonesia dan negara-negara anggota G20 membawa banyak sekali isu-isu untuk dibahas dan diperjuangkan lebih lanjut […]
Maret 26, 2022

Perubahan Iklim Bumi Kita Hari Ini

Penjaga Laut, perubahan iklim di bumi kita masih terus berlangsung sampai hari ini. Banyak sekali faktor yang memengaruhi dan dipengaruhi oleh perubahan iklim ini. Apakah perubahan […]
Maret 25, 2022

Transformasi Pelabuhan Belawan Menjadi Eco-Port

Ada satu lagi rencana di bidang perikanan berkelanjutan yang harus kita kawal sama-sama. Rencana tersebut adalah rencana pembangunan Pelabuhan Belawan menjadi Eco-Port. Wah, ini Pelabuhan Belawan […]
Maret 24, 2022

Lobster dan Kepiting Bertelur Jangan Ikut Ditangkap, Dong!

Wilayah laut Indonesia yang kaya ini bisa membuat kita nggak kehabisan pilihan untuk bisa merasakan nikmatnya makanan laut. Nah, agar terjaga keberlanjutan dan ketersediaan sumber daya […]
Maret 18, 2022

8 Tahun Terakhir Adalah Tahun Terpanas Bumi

Akhir-akhir ini bumi makin panas, dan sepertinya belum ada tanda-tanda suhunya akan kembali normal. Biasanya bulan Januari masih musim hujan, kok sekarang tiba-tiba panas sekali di […]
Maret 17, 2022

Kalau Mau Tangkap Ikan, Pakai Apa ya?

Seperti banyaknya jumlah ikan di laut Indonesia kita ini, alat tangkap yang digunakan juga tentu ada banyak jenisnya. Bahkan, beda kapal, beda tangkapan, beda nelayan, beda […]
Maret 16, 2022

Ikan Endemik Indonesia Jangan Sampai Punah!

Selama ini banyak dari kita yang hanya mengenal ikan-ikan yang lazim dikonsumsi: Ikan Gurame, Ikan Mujair, Ikan Tongkol, Ikan Tuna, dan lain-lain. Padahal, laut Indonesia tidak […]
Maret 11, 2022

Kilas Balik Illegal Fishing 2021

Banyak sekali cerita tentang kilas balik di tahun 2021, tidak terkecuali di bidang perikanan. Jika biasanya kilas balik banyak menceritakan tentang kejadian menyenangkan yang terjadi sepanjang […]
Maret 10, 2022

Kail Pancing Ramah Bernama Circle Hook

Kita tentu sudah mengenal beberapa jenis alat pancing, termasuk yang dilarang penggunaannya seperti Rawai Tuna. Rawai Tuna memang dikenal sebagai alat pancing yang efektif untuk menjaring […]
Maret 9, 2022

Apa Kabar, Ubur-Ubur?

Jika mendengar kata ubur-ubur, yang pertama kali muncul di kepala banyak orang adalah hewan transparan seperti jeli yang bisa berenang di lautan. Selain itu, beberapa tahun […]
Maret 5, 2022

Berkeliling Pulau Rupat

Penjaga Laut, kalian sudah pernah berkunjung ke pulau mana saja di Indonesia? Indonesia punya banyak sekali pulau-pulau bagus yang wajib sekali untuk dikunjungi, nggak terkecuali Pulau […]
Maret 4, 2022

Rip Current, Arus Mematikan di Laut Tropis

Beberapa waktu lalu, kita mendengar kabar duka cita dari Pantai Payangan, Jember. Sebanyak 11 orang tewas ketika melakukan ritual di pantai tersebut. Saat mereka sedang bermeditasi, […]
Maret 2, 2022

Mengunjungi Wilayah Konservasi Perairan Timur Indonesia

Indonesia punya banyak sekali wilayah konservasi perairan di seluruh wilayahnya. Kalau sebelumnya kita sudah berkunjung ke wilayah konservasi perairan di bagian barat dan tengah, sekarang saatnya […]
Maret 1, 2022
Beach sunset photo created by tawatchai07 - www.freepik.com

Menengok Kawasan Konservasi Laut Indonesia Tengah

Kemarin kita sudah puas nih mampir-mampir ke kawasan konservasi laut di Indonesia bagian barat. Sekarang, yuk kita menengok kawasan konservasi laut di Indonesia bagian tengah. Tentu […]
Februari 26, 2022

Cerita dari Kepulauan Seribu Bersama Smiling Coral

Untuk teman-teman yang senang diving atau snorkeling di Kepulauan Seribu, pasti sudah tahu kalau pemandangan bawah laut di sana bagus sekali. Nggak cuma ada banyak ikan, […]
Februari 25, 2022

Gurita Cincin Biru, Menarik Tapi Berbahaya

Siapa yang tidak kenal gurita? Hewan laut yang satu ini tentu sudah dikenal oleh banyak orang. Tidak hanya dikenal sebagai hewan laut berlengan delapan, gurita juga […]
Februari 24, 2022

Wilayah Konservasi Bagian Barat, Hadir!

Salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga keberlangsungan hidup laut dan sekitarnya adalah dengan melakukan konservasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah melalui KKP telah […]
Februari 22, 2022

[Rekrutmen] Relawan Pengurus Penjaga Laut Nasional

Halo Penjaga Laut! Kami sedang mencari anggota keluarga baru untuk bersama-sama menjaga laut Indonesia kesayangan kita semua. Informasi lengkapnya bisa langsung cek di link booklet dan […]
Februari 18, 2022

Potensi Luar Biasa Rumput Laut Indonesia

Kalau berbicara tentang laut, pasti banyak yang membahas tentang terumbu karang, keberagaman ikan, atau predator-predator ganas di bawah sana. Tapi, berapa orang yang membahas mengenai rumput […]
Februari 17, 2022

[EVENT] Sharing Session Jaring Nusa

Dalam perkembangan pelaksanaan agenda reforma agraria sebenarnya tidak hanya terkait ketiadaan hukum dan kebijakan tetapi juga karena lemahnya komitmen politik (political will) kekuasaan dalam menjalankan agenda […]
Februari 17, 2022

Kok Sampah di Laut Indonesia Semakin Banyak, ya?

Membicarakan sampah laut ini memang kayaknya nggak pernah ada habisnya. Sampah laut masih menjadi PR kita semua yang hingga hari ini belum juga selesai. Bahkan ternyata […]
Februari 16, 2022

Tangkapan Sampingan Itu Disebut Bycatch

Setiap nelayan yang melaut tentu memiliki fokus tangkapannya masing-masing. Ada yang fokus untuk menangkap ikan tuna, ikan tongkol, atau ikan lainnya. Tapi, tidak jarang pula mereka […]
Februari 11, 2022

Bermain ke Konservasi Penyu Bersama Aksi Konservasi Yogyakarta

Beberapa waktu lalu kita sudah mendengar cerita dari teman-teman YKL tentang konservasi gurita mereka. Sekarang, kita dengar cerita konservasi yang lain, yuk! Cerita konservasi kali ini […]
Februari 10, 2022

Polusi, Polusi, dan Jakarta

Akhir-akhir ini linimasa kita diramaikan oleh kabar persiapan kepindahan ibu kota dari Jakarta. Tapi, bukan berarti dengan pindahnya ibu kota dari Jakarta, tanggung jawab dan tantangan-tantangan […]
Februari 9, 2022

Halo Bubu dan Rawai!

Selama ini kita mengenal alat pancing atau jaring besar sebagai alat penangkap ikan. Bahkan, ada juga ikan-ikan yang ditangkap dengan alat-alat modern dan kapal-kapal besar. Hari […]
Februari 3, 2022

Menyelami Laut Dalam

Robert Ballard, arkeolog bawah laut dari University of Rhode Island pernah menyebut bahwa laut dalam adalah museum terbesar di dunia ini dan memiliki lebih banyak sejarah […]
Februari 2, 2022

Berlayar Bersama Kapal-Kapal Penangkap Ikan

Kapan pertama kali kamu tahu kalau kapal-kapal penangkap ikan ini ada banyak jenisnya? Iya, jadi nggak cuma ukurannya aja yang berbeda-beda, tetapi juga alat-alat di dalamnya […]
Januari 31, 2022

Gunung Api Bawah Laut dan Perubahan Iklim

Beberapa waktu lalu kita dikejutkan dengan kabar erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Sejauh ini, erupsi tersebut telah menelan 22 korban jiwa, 56 korban luka-luka, dan […]
Januari 26, 2022

Konservasi Perairan Indonesia Luas Sekali!

Ada kabar baik yang harus kita semua dengar saat ini: Luas wilayah konservasi perairan Indonesia terus bertambah! Tidak hanya itu, luas wilayah konservasi tersebut saat ini […]
Januari 25, 2022

Bus Listrik dan Perubahan Iklim

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut dalam sebuah video YouTube TEDx Talks menyebut bahwa kunci memerangi perubahan iklim adalah dengan penggunaan transportasi publik yang berkelanjutan. Transportasi […]
Januari 24, 2022

Ikan Tuna, Juara Dunia Industri Perikanan Indonesia

Beberapa dari kita mungkin mengenal ikan tuna sebagai makanan enak yang bisa dinikmati dalam berbagai menu masakan. Selain itu, ikan tuna juga cenderung mudah ditemukan di […]
Januari 19, 2022

Apakah Badai Pasti Berlalu di Tahun Baru?

Sekarang sudah tahun baru, tapi tidak berarti pekerjaan rumah kita terkait perubahan iklim sudah selesai. Salah satu dampak dari perubahan iklim yang akhir-akhir ini semakin sering […]
Januari 18, 2022

Tahun 2022, Perikanan Indonesia Mau Dibawa ke Mana?

Tahun baru biasanya datang bersama dengan target-target. Tidak hanya individu, industri dan pemerintahan tentu juga memiliki targetnya sendiri di tahun 2022 ini. Tentu industri perikanan juga […]
Januari 17, 2022

IUU Fishing 101

Banyak sekali hal yang terjadi di dunia perikanan Indonesia selama beberapa tahun belakangan. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah mengenai IUU Fishing. IUU Fishing ini […]
Januari 15, 2022

YKL dan Semangat Konservasi Gurita

Dalam cerita tapak kali ini, Penjaga Laut dikunjungi oleh teman-teman dari Yayasan Konservasi Laut Indonesia (YKL Indonesia). Teman-teman dari YKL Indonesia akan bercerita mengenai inisiatif mereka […]
Januari 12, 2022

Perjalanan Panjang Seekor Kepiting

Apa yang kamu ingat tentang Kepiting? Apakah hewan merah yang suka mampir di piring-piring seafoodmu? Atau hewan yang jalannya ke samping? Atau lambang rasi bintang untuk […]
Januari 11, 2022

Ancaman Terhadap Terumbu Karang, si Warna-Warni di Bawah Laut.

Terumbu Karang tentu sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Banyak yang langsung mengasosiasikan terumbu karang sebagai penghuni warna-warni bawah laut. Beberapa juga mengenalnya sebagai […]
Januari 10, 2022

Paus Sperma, Jagoan Bawah Laut

Selama ini kita mengetahui bahwa laut dalam adalah bagian laut yang penuh dengan hewan-hewan aneh – kalau nggak bisa dibilang menyeramkan. Beberapa di antaranya bahkan punya […]
Desember 17, 2021

Sertifikat Ekolabel untuk Perikanan Berkelanjutan

Ada kabar baik dari sektor perikanan tuna Indonesia. Kali ini, sektor perikanan tuna kita kembali meraih sertifikat ekolabel Marine Stewardship Council (MSC). MSC adalah program sertifikasi […]
Desember 16, 2021

Ikan Warna-Warni di Twilight Zone

Twilight zone selalu menyimpan misteri tersendiri yang selalu menarik untuk diperbincangkan. Tapi, tahukah kalian kalau di balik kelamnya Twilight Zone yang tidak punya sinar matahari cukup […]
Desember 15, 2021

Menjelajah Twilight Zone

Dari 7 zona kedalaman yang dimiliki laut, Twilight Zone adalah salah satu zona yang menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut. Twilight Zone, atau yang memiliki nama lain […]
Desember 10, 2021

Es di Kutub Utara Meleleh Terlalu Cepat

Seiring dengan semakin meningkatnya suhu sebagai akibat dari pemanasan global, lapisan-lapisan es yang berada di Kutub Utara juga turut meleleh lebih cepat dari biasanya. Menurut para […]
Desember 9, 2021

Mengarungi Kehidupan Laut Dangkal

Laut yang memiliki 7 zona kehidupan tentu memiliki keunikan sendiri di setiap bagiannya. Banyak sekali yang menganggap bahwa laut dalam adalah bagian kehidupan laut yang paling […]
Desember 7, 2021

Eksplorasi Ekonomi Biru

Pemerintah Indonesia akan menerapkan prinsip ekonomi biru. Prinsip ekonomi biru sendiri bisa dipahami sebagai konsep optimalisasi sumberdaya perairan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui berbagai kegiatan dengan […]
November 28, 2021

Di Sini Petir, di Sana Petir

Penjaga Laut, perubahan iklim yang masih terus berlangsung ini memang banyak mengubah lingkungan sekitar kita, ya. Suhu mulai naik, cuaca nggak menentu, permukaan laut juga ikut-ikutan […]
November 26, 2021

Menjelajahi Dunia dan Kehidupan Dugong

Penjaga Laut, apa yang pertama kali terlintas di kepala kalian kalau mendengar kata dugong atau duyung? Biasanya sih yang muncul di kepala langsung sosok Ariel The […]
November 25, 2021

Satu Lagi yang Sekali Pakai: Galon

Penjaga Laut, selama ini kita sering banget mendengar soal plastik sekali pakai, kan? Entah itu botol sekali pakai, alat makan plastik sekali pakai, atau kantong belanja […]
November 20, 2021

Menata Kabel Bawah Laut

Penjaga Laut, kalian tahu nggak sih kalau di bawah laut kita ini ada banyak kabel? Kabel-kabel bawah laut ini berfungsi untuk memperlancar komunikasi dengan cara mengirimkan […]
November 19, 2021

Ayo Makan Ikan!

Penjaga Laut, siapa di sini yang masih malas makan ikan? Waah, kenapa masih malas, nih? Padahal sudah banyak banget menu ikan yang enak-enak, kan? Ternyata, masih […]
November 18, 2021

Merkuri di Laut, Ayo Pergi Jauh-Jauh!

Penjaga Laut, apa yang biasanya muncul di kepala kalian kalau mendengar tentang pencemaran laut? Pencemaran laut karena banyak sampah? Atau pencemaran laut karena tumpahan bahan bakar […]
November 14, 2021

Ketika La Nina Berhembus di Indonesia

Penjaga Laut, kalian tentu sudah pernah mendengar tentang La Nina, kan? Itu lho, La Nina yang fenomena alam itu, bukan nama teman sekelasmu itu, lho. La […]
November 13, 2021

Krisis Iklim dan Perubahan Bumi

Penjaga Laut, kalau kalian sering buka media sosial akhir-akhir ini, pasti kalian banyak menemukan isu-isu tentang krisis iklim. Isu tersebut semakin santer dibicarakan pada momentum KTT […]
November 13, 2021

Suara-Suara Bising di Dalam Laut

Penjaga Laut, siapa yang sering merasa kalau lingkungan sekitar kita bising? Kebisingan itu bisa datang dari mana saja, entah dari suara kendaraan yang lewat, suara dari […]
November 6, 2021

[REGISTRASI] Festival Aksi Muda Jaga Iklim

Halo halo Penjaga Laut! Tebaaak, tanggal 10 November nanti ada apa? Yup, ada Festival Aksi Muda Jaga Iklim! Akan ada banyak keseruan yang pastinya akan membuatmu […]
November 5, 2021

Perairan Ku Masih Tercemar

Penjaga Laut, beberapa waktu lalu kita sudah mendengar kabar bahwa Teluk Jakarta tercemar paracetamol kan? Nah, ternyata nggak cuma Teluk Jakarta, nih. Masih banyak perairan lain […]
Oktober 30, 2021

Lebih Jauh Tentang COP 26

Halo Penjaga Laut! Siapa di antara kalian yang dari kemarin ngeliat Instagramnya Penjaga Laut dan makin nggak sabar lagi buat ikutan acara Aksi Muda Jaga Iklim? […]
Oktober 29, 2021

Cerita Perdagangan Hiu dan Pari di Indonesia

Penjaga Laut, kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan hiu dan pari, kan? Indonesia yang awalnya memiliki jumlah hiu dan pari yang banyak, sekarang harus menghadapi […]
Oktober 23, 2021

Karbon Biru Untuk Bumi Lebih Sehat

Penjaga Laut, siapa yang pernah mendengar istilah karbon biru? Eh, itu bukan karbon berwarna biru ya. Karbon biru adalah karbon yang tersimpan atau dihasilkan oleh ekosistem […]
Oktober 22, 2021

[WEBINAR] Jaga Ekosistem, Jaga Iklim: Terumbu Karang dan Perannya Terhadap Perubahan Iklim

Halo Penjaga Laut! Siapa sih yang tidak kenal terumbu karang? Terumbu karang warna-warni yang gemas sekali ini juga memiliki peran besar terhadap perubahan iklim, lho. Penasaran […]
Oktober 22, 2021

Mulai Pakai Produk Ramah Lingkungan, Yuk!

Penjaga Laut, siapa di antara kalian yang masih sering menggunakan hmm… plastik? Botol minum sekali pakai? Styrofoam sebagai wadah makanan? Atau sedotan plastik dan alat makan […]
Oktober 21, 2021

Ayo Berkebun Untuk Menjaga Iklim!

Penjaga Laut, siapa di antara kalian yang tinggal di tengah kota? Iya, di tengah kota yang mungkin susah mendapat akses ke tanah lapang atau tempat untuk […]
Oktober 20, 2021

Menjaga Mangrove, Menjaga Iklim

EcoNusa Foundation dan Penjaga Laut mengadakan webinar berjudul “Jaga Ekosistem, Jaga Iklim: Mangrove” sebagai rangkaian kegiatan Aksi Muda Jaga Iklim yang bertujuan untuk mengajak anak-anak muda […]
Oktober 19, 2021

[WEBINAR] Jaga Ekosistem, Jaga Iklim: Pengelolaan Sumber Daya Alam Papua oleh Masyarakat Adat

Hai hai Penjaga Laut! Kita “jalan-jalan” virtual ke Papua lewat webinar #AksiMudaJagaIklimx MACE (Mark Cerita Papua), yuk! Webinar kali ini akan membahas tentang pengelolaan SDA Papua […]
Oktober 16, 2021

Kenapa Sih Anak Muda Harus Menjaga Iklim?

Penjaga Laut, sudah tahu dong, kalau akan ada acara Aksi Muda Jaga Iklim yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober ini? Yakin deh, pasti banyak banget yang […]
Oktober 15, 2021

Antara Teluk Jakarta dan Paracetamol

Penjaga Laut, kalian tau nggak sih kalau Teluk Jakarta sekarang sedang tercemar limbah medis, salah satunya paracetamol? Yap, paracetamol sedang membanjiri Teluk Jakarta, nih. Lho, kok […]
Oktober 14, 2021

Eh, Ada Kura-Kura, Penyu, dan Bolus!

Penjaga Laut, kamu tahu nggak sih kalau di Indonesia pernah ada beberapa kasus kura-kura yang terdampar atau mati di pinggir pantai? Tentu sedih sekali mendengarnya dan […]
Oktober 12, 2021

Hemat Listrik dari Rumah Untuk Menjaga Iklim

Penjaga Laut, siapa nih di antara kalian yang sudah mulai berinisiatif untuk menghemat energi guna menjaga iklim? Hemat energi yang dimaksud di sini bukan berarti rebahan […]
Oktober 11, 2021

[WEBINAR] Jaga Ekosistem, Jaga Iklim: Mangrove #AksiMudaJagaIklim

Halo Penjaga Laut! Bakalan ada pembahasan menarik seputar mangrove yang ada kaitannya banget sama iklim nih. Yuk saksikan seri webinar pertama Aksi Muda Jaga Iklim dengan […]
Oktober 9, 2021

Aksi Muda Jaga Iklim – Coming Soon!

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang jugaa! Siap-siap ya, #AksiMudaJagaIklim akan hadir! Penasaran acaranya apa aja? 3 Aksi yakni Aksi Virtual, Aksi Kolaborasi & Aksi Festival IklimVirtual akan digelar sepanjang […]
Oktober 8, 2021

Mengunjungi Desa Pesisir Tadangpalie

Penjaga Laut, tentu kamu sudah tahu kalau di Indonesia ada banyak desa pesisir, kan? Hari ini, mari menjelajah ke salah satu desa pesisir di sebelah timur […]
Oktober 7, 2021

Pembatasan Penangkapan Ikan, Baik Untuk Semua?

Penjaga Laut, kalian sudah dengar kabar terbaru tentang pembatasan penangkapan ikan, belum? Wah, bagus dong ya kalau ada pembatasan penangkapan ikan? Tapi… apa benar jadinya baik […]
Oktober 1, 2021

Cerita Sedekah Laut Dari Penjuru Indonesia

Penjaga Laut, ada satu hal lagi nih yang menarik dari laut Indonesia. Selain kekayaan dan potensi melimpah lautnya, kamu tau nggak sih kalau di Indonesia ini […]
Oktober 1, 2021

Sejuta Potensi Natuna

Penjaga Laut, dari sekian banyak laut di Indonesia, mungkin akhir-akhir ini kabar tentang Laut Natuna adalah yang paling sering kamu dengar, ya. Laut Natuna adalah wilayah […]
September 25, 2021

Tidak Usah Pakai Alat Makan Sekali Pakai

Penjaga Laut, siapa di sini yang pernah dapat alat makan sekali pakai atau bahkan menggunakan alat makan sekali pakai? Biasanya sih alat makan ini ada di […]
September 23, 2021

Menjaga Laut Melalui Tradisi di Papua

Penjaga Laut, beberapa waktu lalu, kita sudah melihat Festival Nelayan di Kampung Nelayan Tomalou, kan? Melalui festival tersebut, masyarakat di Tomalou ingin merayakan keberadaan laut dan […]
September 22, 2021

Yang Unik dan Menarik dari Lumba-Lumba

Penjaga Laut, siapa yang kemarin sudah mendengar kabar tentang lumba-lumba yang terdampar di beberapa wilayah di Indonesia? Sudah terjadi beberapa kali, ya. Salah satunya bahkan dibawa […]
September 18, 2021

Menjadi Muda dan Peduli Lingkungan

Penjaga Laut, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh anak muda untuk turut berkontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat sekitarnya. Beberapa bahkan tidak hanya melakukan hal kecil […]
September 17, 2021

Keberlangsungan Hidup Komodo dan Perubahan Iklim: Punah atau Bertahan?

Penjaga Laut, siapa di sini yang pernah melihat komodo atau berkunjung ke Pulau Komodo? Komodo, yang merupakan salah satu kadal purba yang masih bertahan hidup hingga […]
September 16, 2021

Ada Hiu Apa Saja di Indonesia?

Penjaga Laut, kalian sudah dengar belum kalau beberapa hari lalu ada Hiu Mulut Besar (Megamouth Shark) yang terdampar di Flores? Wah, memangnya ada Hiu Mulut Besar […]
September 15, 2021

Masih Ada Pencemaran Laut di Sekitar Kita

Penjaga Laut, ada kabar yang cukup menyedihkan nih. Populasi Ikan Belida, salah satu bahan baku Pempek, mulai terancam karena kondisi rawa di Sumatera Selatan mengalami penurunan. […]
September 11, 2021

Melihat Festival Kampung Nelayan Tomalou

Penjaga Laut, apakah di daerah tempat tinggalmu ada acara perayaan laut atau acara untuk menjaga dan melestarikan laut? Di beberapa wilayah Indonesia, ada festival-festival laut yang […]
September 10, 2021

Energi Fosil Harus Segera Diganti!

Penjaga Laut, dari sekian banyak jenis energi yang bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan suatu masyarakat, kalian tau nggak sih energi apa yang saat ini masih digunakan oleh […]
September 9, 2021

Aksi Muda Jaga Iklim Sebentar lagi!

Wahai penjaga laut! Ada kabar gembira bahwa Aksi Muda Jaga Iklim akan segera hadir di bulan Oktober! Ini adalah hajatan besar buat kita semua untuk memberikan […]
September 8, 2021

Pulau di Indonesia Ada Berapa? 17 Ribu!

Penjaga Laut, coba tebak kira-kira ada berapa pulau di Indonesia? Ada 17 ribu pulau di Indonesia, lho! Banyak banget, ya. Pulau-pulau ini tentu saja tersebar dari […]
September 4, 2021

Belajar Menangani Sampah Plastik di Laut

Halo Penjaga Laut! Masih inget dong tentang permasalahan sampah plastik di laut yang ternyata makin parah ini? Iya, isu sampah plastik di laut ini lebih rumit […]
September 3, 2021

Mengenal Masyarakat Pesisir Lebih Dekat

Penjaga Laut, di mana saja wilayah tempat kalian tinggal? Apakah di dataran tinggi? Di dekat pegunungan? Atau di kota-kota besar? Selain tempat-tempat yang sudah disebutkan sebelumnya, […]
September 2, 2021

Apa Yang Bisa Mengancam Mamalia Laut?

Penjaga Laut, tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan mamalia laut kan? Yap! Mamalia laut adalah mamalia yang bergantung pada ekosistem laut untuk hidup. Contoh-contoh mamalia […]
Agustus 29, 2021

Diving dan Menjaga Laut? Kenapa Tidak?

Penjaga Laut, ada yang suka menyelam atau diving nggak di sini? Sejak pandemi, kegiatan diving pasti jadi lebih terbatas ya. Kangen deh pasti. Nah, selama diving, […]
Agustus 27, 2021

Indonesia Punya Banyak Mutiara

Penjaga Laut, pernah dengar tentang mutiara kan? Selain banyak digunakan sebagai nama anak perempuan (termasuk nama anaknya Mr. Krab hehehehe), mutiara merupakan salah satu hasil laut […]
Agustus 26, 2021

Kenapa Benur Sering Diselundupkan?

Penjaga Laut, tahukah kamu bahwa ada 52 kasus penyelundupan benur yang berhasil digagalkan pemerintah sepanjang tahun 2021 ini? Pemerintah berkomitmen untuk terus menindak kasus penyelundupan benur […]
Agustus 22, 2021

Cerita dari Jambore dan Konsolidasi Nasional Penjaga Laut – Day 2!

Halo Penjaga Laut! Setelah kemarin membaca artikel tentang hari pertama Jambore dan Konsolidasi Nasional Penjaga Laut, sekarang saatnya kita lanjut ke hari kedua! Apa aja ya, […]
Agustus 21, 2021

Cerita dari Jambore dan Konsolidasi Nasional Penjaga Laut – Day 1!

Halo Penjaga Laut! Masih ingat nggak, tanggal 9 dan 10 Agustus yang lalu ada apa? Yup, betul banget, ada Jambore dan Konsolidasi Nasional Penjaga Laut! Acara […]
Agustus 19, 2021

Selangkah Menuju Budi Daya Udang

Penjaga laut, sudah dengar kabar terbaru dari dunia udang belum? Nah, infonya pemerintah akan membangun budi daya udang di Kebumen, lho. KKP akan menggandeng pemerintah Kabupaten […]
Agustus 18, 2021

Akhirnya Indonesia Bebas Cantrang Lagi!

Penjaga laut, ada kabar baik nih! Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sudah resmi melarang penggunaan cantrang untuk penangkapan ikan di wilayah Indonesia. Ketetapan […]
Agustus 14, 2021

Nelayan Bertahan di Tengah Pandemi

Penjaga laut, pandemi COVID-19 sudah berlangsung selama hampir 2 tahun. Beberapa dari kita mungkin beruntung karena bisa berkesempatan untuk bekerja dari rumah dan memiliki kapasitas untuk […]
Agustus 13, 2021

Serba-Serbi Ekspor Perikanan di Indonesia

Penjaga laut, kalian tau nggak sih kalau sektor perikanan Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan ekspor? Ekspor perikanan kita sudah cukup luas dan sudah menghasilkan benefit yang cukup […]
Agustus 12, 2021

Akankah Jakarta Tenggelam Beberapa Tahun Lagi?

Penjaga laut, mungkin kalian pernah mendengar pernyataan yang cukup mengejutkan dari Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengenai Jakarta. Yap, menurut Joe Biden, Jakarta akan tenggelam 10 […]
Agustus 9, 2021

Hiu Berjalan Kaimana; Perlukah Dilindungi?

Sebagai salah satu negara yang termasuk dalam Kawasan Segitiga Terumbu Karang atau the Coral Triangle, tak heran jika Indonesia memiliki keanekaragaman hayati terumbu karang yang kaya. […]
Agustus 6, 2021

Ada Lumbung Ikan Nasional di Maluku

Ayo absen siapa yang suka makan ikan? Kalau mimin sih paling tidak seminggu tiga kali. Selain menyehatkan, rasanya duh bikin ngangenin, apalagi makin banyak resep olahan […]
Agustus 5, 2021

Jangan Lagi Konsumsi Sirip Hiu!

Penjaga laut, kalau kamu pernah mengkonsumsi sirip ikan hiu, lebih baik kita sudahi saja hubungan ini! Karena yang kamu lakukan itu jahat!. Perlu kamu tahu, kalau […]
Agustus 4, 2021

Jambore dan Konsolidasi Nasional Penjaga Laut – REGISTRATION

Hai para Penjaga Laut! Yuk kita bertemu lagi di Jambore & Konsolidasi Nasional Penjaga Laut 2021.Di acara ini, kamu bisa saling belajar mengenai gaya hidup peduli […]
Agustus 4, 2021

Tol Laut: Harapan, Manfaat, dan Dampak.

Penjaga laut, masih ingat kan artikel tentang tol laut yang tayang beberapa waktu lalu? Setelah membaca dan berkenalan lebih jauh dengan tol laut, sekarang dengarkan cerita […]
Agustus 3, 2021

Multistakeholder Collaboration to Sustain Mangrove Ecosystems

New hopes for mangrove sustainability in Indonesia have been firmly planted since the end of 2020. On December 2020, with the issuance of Presidential Regulation Number […]
Agustus 2, 2021

Kolaborasi Multipihak Lestarikan Ekosistem Mangrove

Harapan baru bagi keberlanjutan mangrove Indonesia kian tertanam sejak penghujung tahun 2020. Pasalnya, pada 22 Desember 2020, melalui Perpres Nomor 120/2020, Pemerintah Indonesia menetapkan pembentukan Badan […]
Juli 31, 2021

Halo, Para Ikan Yang Dilindungi!

Penjaga laut, siapa disini yang suka ikan? Atau mungkin ada yang memelihara ikan di rumah? Memelihara ikan memang bisa membantu kita untuk merasa lebih rileks ya. […]
Juli 31, 2021

Indonesia’s Journey in Optimizing Mangrove for Blue Carbon

With just 9 years to go, Indonesia’s effort to meet its climate mitigation target will be concluded. As stipulated in the Nationally Determined Contribution (NDC), by […]
Juli 29, 2021

Limbah Rumput Laut Itu Bisa Diolah!

Penjaga laut, tentu sudah nggak asing lagi dengan rumput laut kan? Komoditas laut yang satu ini selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga bisa ditemukan dimanapun, […]
Juli 28, 2021

Perjalanan Indonesia Mengoptimalkan Peran Mangrove untuk Karbon Biru

Sembilan tahun jelang 2030. Waktu yang cukup singkat bagi Indonesia untuk bisa memenuhi target penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Sebagaimana yang tertuang dalam Nationally Determined […]
Juli 24, 2021
Jalan Tol atas Laut

Berkenalan dengan Tol Laut

Penjaga laut, apakah kalian pernah mendengar tentang tol laut? Wah, itu jalan tol yang melintas di atas laut bukan sih? Jadi kita naik mobil tapi di […]
Juli 22, 2021

Ayo Bebas Plastik!

Penjaga Laut, coba deh kalian ingat-ingat lagi, selama di rumah aja saat pandemi, sudah berapa kali sih, kamu pesan makanan melalui aplikasi online dan datang dengan […]
id_IDIndonesian