Arti Terumbu Karang bagi Ekosistem Laut

Arti Terumbu Karang bagi Ekosistem Laut

Setiap hal tentu memiliki arti dunia ini, baik itu hal kecil seperti humor receh yang buat kamu tertawa terbahak-bahak, atau hal besar seperti keberhasilan memperoleh suatu capaian yang buat kamu girang bukan main. Jika manusia menganggap setiap hal memiliki arti, alam pun demikian. Tak terkecuali terumbu karang yang berarti bagi ekosistem laut.

Mengapa terumbu karang berarti bagi ekosistem laut? Yang pasti bukan karena mereka jatuh cinta dan menikah untuk berjanji sehidup-semati, ya. 

Terumbu karang yang dikenal dengan “hutan hujannya laut”, tak hanya indah, terumbu karang pun memiliki nilai ekologis yang dapat menjaga ketahanan ekosistem laut. Tak hanya menyediakan tempat tinggal dan makanan bagi 25% fauna laut dunia, terumbu karang juga menjadi tempat bagi aneka ragam hayati. Bahkan, ribuan spesies dapat hidup di satu terumbu karang.

Selain itu, terumbu karang berfungsi sebagai pelindung laut alami masyarakat pesisir dari gelombang tinggi selama badai tropis, angin topan dan tsunami. Berkat terumbu karang pula jutaan individu mendapat mata pencaharian di industri pariwisata, termasuk pekerja hotel, pemandu snorkeling, pemandu selam, dan masih banyak lagi.

Yang paling menakjubkan terumbu karang memainkan peran penting dalam menyediakan makanan bagi lebih dari jutaan orang yang tinggal dekat pantai. Belum lagi, beberapa spesies hewan laut yang berada di terumbu karang dapat dijadikan sebagai obat kanker.

Sayangnya, akibat perubahan iklim dan pengasaman air laut menekan terumbu karang sedemikian rupa sehingga mereka kehilangan warnanya, dalam reaksi yang dikenal sebagai pemutihan karang. Yang paling fatal adalah terumbu karang kehilangan kemampuan untuk reproduksi yang akhirnya bisa membunuh mereka.

Tak terbayangkan apabila banyak terumbu karang rusak akibat ulah individu/kelompok yang tidak bertanggung jawab. Dampaknya ngeri-ngeri sedap! Selain ekosistem yang hancur akan datang juga bencana besar melanda suatu wilayah yang merontokan banyak lini kehidupan, khususnya bagi manusia yang bergantung pada laut untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sekarang Penjaga Laut sudah tahu ‘kan pentingnya terumbu karang bagi ekosistem laut? Terumbu karang sudah memberikan banyak hal bermanfaat untuk keberlangsungan hidup ekosistem laut, dan kita.    

Sekarang bagian kamu, dan kita semua, untuk bersama-sama menjaga terumbu karang dan ekosistem laut. Kalau bukan kita siapa lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi?

No Comments

Post A Comment